Thursday, April 30, 2015

solusi hardisk eksternal corrupt/minta format

Bagi sebagian orang hardisk corrupt itu adalah hal terburuk
khususnya bagi pecinta film dan anime kaya ane, bagi ane hardisk corrupt itu lebih menyiksa batin daripada ga internetan setaun

gimana enggak???

hardisk ane kapasitas 1 TB, itu isinya film dan anime yang jumlah keseluruhannya lebih dari 600 GB, dan itu anime plus film2 ane donlot dari kuliah semester 1 sampe udah jadi pengagguran. ga kebayang paniknya kalo akhirnya nongol tulisan "HARDIS ANDA PERLU DI FORMAT SEBELUM DIGUNAKAN"

pernah pas awal2 dlu ane sampe ga bisa tidur 2 hari 2 malem gara2 kpikiran.

-_____-



ada beberapa pemyebab yang ane ketahui kenapa hardisk eksternal corrupt

1. ente nyabut hardisk dengan tidak safety (asal cabut)
2. pc anda kena virus yang menyebabkan Hardisk anda ga mau di cabut lewat safety
3. ente menancapkan hardisk ke pc terlalu lama dan file yg ada di dalem hardisk tidak sedang digunakan
4. ente telalu maksa RAM pc ente ketika hardisk sedang tertancap, jadinya PC sedang dalam keadaan lemot (biasanya kombinasi no 4 dengan buka software berat)
5. penyebab lain2 diluar spengetahuan ane.

mungkin untuk hal hardisk corrupt ane udah masuk tahap ekspert
mengingat dalam setahun hardisk ane bisa corrupt 4-5 kali
tapi alhamdulillah datanya selalu selamat
hehe

ini adalah solusi dari ane
ada 3 solusi:
1. dengan cara chkdsk (silahkan cari sendiri caranya di mbah google)
2. dengan software minitools data recovery (klik sini)
3. dengan membawa hardisk ana ke ahlinya (pilihan terahir)

untuk poin 2 ane akan membahas caranya
(untuk poin 2 ini, jika file/data yang ingin ente selamatkan berkapasitas besar, diharapkan menyiapkan hardisk kosong berkapasitas besar pula, untuk backup data2 yang ingin ente selamatkan)

1. DOWNLOAD dan instal Minitools power data recovery (punya ane versi 6.6)
2. tancep Hardisk eksternal corrupt ente (pastikan masalah hardisk ente emang bener2 corrupt/minta format dan gagal melakukan  solusi poin 1, pastikan pula ente belum memformat hardisknya)
3. buka Minitools yg udah ente instal td
4. buka menu demaged partition recovery
5. akan muncul banyak pilihan partisi/hardisk, pilih partisi/hardisk corrupt ente, trus klik full scan (pengalaman ane dengan PC dell prosesor intel perntium core i3 dan ram 2gb, full scan hardisk eksternal 1 TB full anime dan movie kapasitas 600 gb, membutuhkan waktu 12 jam lebih, bisa lebih cepat dengan menggunak pc spek lebih tinggi, disarankan tidak menggunakan /membuka program apapun pada sesi ini)
6. setelah selesai full scan, akan muncul data2 ente yang ada di Hardisk, pilih file data yang ingin ente selamatkan dengan mencentang kotak di sebelah kirinya (pastikan ente mempersiapkan tempat backup yang sesuai dengan kapasitas data2 yang ingin ente selamatkan)
7. kalu udah selese milihnya, klik save file di sebelah kiri, akan muncul windows, pada pilihan save to, klik browse, trus cari deh tempat dimana data ente mo di backup, pastikan kapasitasnya mencukupi untuk backup
6. klik oke dan tunggu (pengalaman ane estimasi waktunya sama kaya full scan, sekitar 12 jam-an)
7. abis itu format hardisk ente trus tinggal pindahin lagi dah ke hardisk

maaf ga pake gambar karena ga ada waktu uplot2 gambar

jujur masalah ane ada di tempat backupnya, dimana coba? nyari tempat backup sebesar 600gb kalo ga harus beli hardisk lagi buat backup??
ini adalah pilihan terakhir jika ente pingin benerin hardisk ente sendiri, pilihan terakhirnya kalo hardisk ente pingin bener tanpa resiko ya serahin aja ke ahlinya, pastikan ente ga di bodoin, pengalaman temen ane, dulu data sebesar 200 gb di ketok 500 rb, gile tuh tukang reparasi nyari duit

oh iya pengalaman ane untuk data/file film seperti mp4/mkv/avi dsb
ga bisa di balikin pake software ini kalo udah di hapus/kena format
filenya bisa dibalikin, tapi ntar filenya ga bisa di play pake program2 player.

dan sore ini hardisk ane udah minta format lagi, itulah knapa ane bikin postinyan ini
sebenernya kali ini bukan mo share tips, tapi ane pengen curcol
wkwkwk

UPDATE

 ketika hardisk ga bisa di eject ada cara jitu untuk mengatasinya agar hardisk tidak corrupt,
1. masuk eksplore
2. klik kanan pada hardisk ente trus klik properties
3. klik tools, pada menu eror-checking klik check now
4. centang yang atas klik start
5. kalo muncul menu lagi klik force dismount
6. kalo udah finish langsung cabut aja hardisknya tanpa eject jangan lupa baca basmalah

trik ini udah ane pake 4 bulan terahir ketika hardisk ane ga mau di eject dan hasilnya hardisk ane tetap selamat

oke sekian, see you next post....

No comments:

Post a Comment